Implementasi Metode Jigsaw Dalam Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Diniyah Miftakhul Ulum Desa Wadak Lor Kecamatan Duduk Sampeyan Kabupaten Gresik

Fatimah, Siti (2021) Implementasi Metode Jigsaw Dalam Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Diniyah Miftakhul Ulum Desa Wadak Lor Kecamatan Duduk Sampeyan Kabupaten Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
SURAT PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (133kB)
[img] Text
1. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20250410_11315401.pdf

Download (605kB)
[img] Text
3. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (134kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (400kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (425kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (488kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (441kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (539kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (513kB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran terdapat dua kegiatan yang sinergik, yakni guru mengajar dan siswa belajar. Guru mengajarkan bagaimana siswa harus belajar. Sementara siswa belajar bagaimana seharusnya belajar melalui berbagai pengalaman belajar hingga terjadi perubahan dalam dirinya dari aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif. Guru yang kompeten akan lebih mampu menciptakan lingkungan yang efektif dan akan lebih mampu mengelola proses belajar mengajar, sehingga hasil belajar siswa berada pada tingkat yang optimal. Belajar memang bukan konsekwensi otomatis dari penyampaian informasi pada anak didik, tapi belajar membutuhkan keterlibatan mental dan tindakan dari pelajar itu sendiri. Itulah keaktifan yang merupakan langkah-langkah belajar yang didesain agar siswa senang mendukung proses itu dan menarik minat untuk terlibat. Berorientasi dari uraian latar belakang di atas maka dapat penulis kemukakan beberapa permasalahan yaitu: Bagaimana pelaksanaan metode Jigsaw dalam pelajaran fiqih di Madrasah Diniyah Awwaliyah Takmiliyah Miftakhul Ulum Di Desa Wadak Lor Kecamatan Duduk Sampeyan Kabupaten Gresik. Metode yang digunakan adalah kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, interview. Dengan metode ini diharapkan memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian, sehingga memperoleh data-data yang kongkrit yang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di Madrasah Diniyah Awwaliyah Takmiliyah Miftakhul Ulum Di Desa Wadak Lor Kecamatan Duduk Sampeyan Kabupaten Gresik. kesimpulan dari hasil pembahasan temuan-temuan dari hasil penelitian adalah Metode Jigsaw Learning dapat menghadirkan suasana menyenangkan di dalam kelas karena metode ini dilakukan secara berkelompok dengan melibatkan siswa secara aktif. Penggunaan metode Jigsaw dalam pembelajaran Fikih di Madrasah Diniyah Miftakhul Ulum Di Desa Wadak Lor, guru menyesuaikan dengan karakteristik materi yang akan disampaikan. Penerapan metode ini sangat membantu guru dalam proses belajar mengajar selain melatih siswa belajar aktif, metode ini juga meningkatkan kerjasama antar anggota kelompok karena, disini siswa dapat belajar bersama dan saling memberikan informasi dengan teman-teman sebayanya. Sehingga mereka lebih leluasa menyampaikan pendapatnya tanpa ada rasa takut, malu, ngantuk dan lain-lain

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode jigsaw, pembelajaran fiqih
Subjects: Islamic Education
Islamic Religion
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Siti Fatimah
Date Deposited: 10 Apr 2025 09:17
Last Modified: 10 Apr 2025 09:17
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13357

Actions (login required)

View Item View Item