Sosialisasi Perpajakan, Insentif Pajak, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dan Kepercayaan Kepada Lembaga Pajak Sebagai Variabel Moderasi

Mufidah, Durrotul (2024) Sosialisasi Perpajakan, Insentif Pajak, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dan Kepercayaan Kepada Lembaga Pajak Sebagai Variabel Moderasi. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
orisinalitas.pdf

Download (250kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN1 (1).pdf

Download (237kB)
[img] Text
lembar persetujuan.pdf

Download (103kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (75kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 .pdf

Download (131kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (104kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sosialisasi perpajakan, insentif perpajakan, pelayanan perpajakan, sanksi perpajakan dan kepercayaan pada lembaga perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak, serta peran moderasi kepercayaan pada lembaga perpajakan dalam memperkuat pengaruh sosialisasi perpajakan, insentif perpajakan, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak. Data dikumpulkan melalui survei terhadap 106 orang yang merupakan wajib pajak di Gresik. Hasil analisis menunjukkan bahwa sosialisasi perpajakan dan insentif perpajakan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, sedangkan sanksi perpajakan memiliki pengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak. Selain itu, kepercayaan pada institusi perpajakan juga mampu memperkuat pengaruh sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak. Temuan ini mengindikasikan bahwa kepercayaan terhadap institusi perpajakan merupakan faktor yang penting, namun tidak cukup kuat untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak melalui sosialisasi, ataupun insentif. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang lebih komprehensif dalam merancang kebijakan pajak yang efektif. Rekomendasi untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak antara lain dengan meningkatkan kualitas dan relevansi sosialisasi perpajakan, menyederhanakan proses dan meningkatkan aksesibilitas insentif perpajakan, serta penegakan hukum yang lebih ketat dan konsisten. Penelitian ini berkontribusi pada literatur perpajakan dengan menyoroti peran kepercayaan terhadap institusi pajak dan menyarankan kebijakan yang lebih efektif untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sosialisasi Perpajakan, Insentif Perpajakan, Sanksi Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak, Kepercayaan terhadap Lembaga Perpajakan
Subjects: Economic And Business > Accounting
Economic And Business
Finance
Divisions: Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program
Library of Congress Subject Areas > Accounting Study Program
Accounting Study Program
Depositing User: Durrotul Mufidah
Date Deposited: 08 May 2025 02:26
Last Modified: 08 May 2025 02:26
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13394

Actions (login required)

View Item View Item