Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Sma Kelas XI Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif

Hammada, Zahra Imama (2024) Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Sma Kelas XI Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (681kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHANN.pdf

Download (608kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (584kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (921kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan literasi matematis yang harus dimiliki oleh siswa. Kemampuan literasi matematis diartikan sebagai kemampuan seseorang merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konsep, prosedur, dan fakta untuk menggambarkan, menjelaskan fenomena yang terjadi. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi matematis siswa adalah gaya kognitif, dikarenakan ketika memecahkan sebuah masalah, beberapa siswa menuliskan apa yang mereka fahami dan ditanyakan pada permasalahan tersebut. Tetapi, dalam proses penyelesaiannya pasti terdapat perbedaan penyelesaian antara siswa satu dengan yang lainnya, hal ini dipengaruhi oleh faktor kognitif siswa. Gaya kognitif merupakan cara seseorang menerima dan mengatur sebuah informasi yang diterimanya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Gresik, dengan populasi penelitian adalah siswa kelas XI Saintek 3 dengan jumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes matching familiar figure test (MFFT) dan tes kemampuan literasi matematis. Hasil tes MFFT untuk mendapatkan 2 subjek, yaitu subjek reflektif dan subjek impulsif. Hasil tes kemampuan literasi matematis dan wawancara kemudian dianalisis berdasarkan gaya kognitif reflektif dan impulsif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa gaya kognitif reflektif mampu memenuhi semua indikator 1 sampai 6, kemudian siswa dengan gaya kognitif impulsif mampu memenuhi indikator 1 sampai 5 saja. Siswa gaya kognitif impulsif kurang mampu mengkomunikasikan hasil temuannya, sehingga belum bisa memenuhi indikator 6

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi Matematis, Reflektif dan Impulsif
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Zahra Imama Hammada
Date Deposited: 07 May 2025 03:50
Last Modified: 07 May 2025 03:50
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13569

Actions (login required)

View Item View Item