Gambaran Pengembangan Kepercayaan Diri pada Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) di SMA “X” Kabupaten Gresik

Rinata, Ayu (2022) Gambaran Pengembangan Kepercayaan Diri pada Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) di SMA “X” Kabupaten Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (312kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan Skripsi.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan Skripsi.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan Publikasi Skripsi.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Cover Page.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (174kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Setiap individu diciptakan oleh Tuhan dengan akal pikiran yang dapat digunakan untuk mengembangkan potensi diri, sehingga mereka mampu meraih impian yang diinginkan. Untuk meraih impian yang diinginkan, individu tentu harus memiliki kepercayaan diri. Tetapi, tidak semua individu memiliki kepercayaan diri, salah satunya pemicunya karena memiliki keterbatasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengembangan kepercayaan diri pada Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di SMA “X” Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis studi kasus, dengan empat orang PDBK sebagai subjek dengan rincian satu orang PDBK dengan autis, satu orang PDBK dengan slow learner serta dua orang PDBK dengan indikasi tunagrahita ringan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Model Miles and Huberman. Kredibilitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PDBK dengan autis sudah mampu untuk melakukan aktivitas secara mandiri, meyakini hal yang ia lakukan, bertanggung jawab, menyadari dan menerima kekurangan diri, mengetahui alasan dan dampak dibalik suatu tindakan, mampu berinteraksi dengan orang lain, beradaptasi dengan lingkungan serta menunjukkan sikap toleransi terhadap orang lain. PDBK dengan slow learner sudah mampu untuk melakukan aktivitas secara mandiri, mampu mengambil keputusan sendiri, bertanggung jawab, menyadari dan menerima kekurangan diri, mengetahui alasan dan dampak dibalik suatu tindakan, mampu beradaptasi dengan orang lain serta menunjukkan sikap toleransi terhadap orang lain. Sementara itu, PDBK dengan indikasi tunagrahita ringan tidak bisa langsung didekati, perlu waktu untuk mendekati kedua subjek sehingga bisa lebih mudah untuk membangun interaksi dengan keduanya dan mendalami kepercayaan diri yang dimiliki. Orang-orang terdekat memiliki peranan penting untuk membantu pengembangan kepercayaan diri subjek, dalam hal ini diantaranya keluarga, Guru Pendamping Khusus, serta teman-teman sekelas. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk hanya menggunakan satu jenis PDBK saja sebagai subjek, agar penelitian bisa dilakukan secara lebih mendalam. Selain itu, diharapkan untuk melakukan pendekatan atau membangun rapport terlebih dahulu dengan PDBK, terutama PDBK tunagrahita agar proses wawancara dapat berjalan secara maksimal. Selanjutnya, terdapat beberapa indikator seperti bertanggung jawab serta interaksi pada anak autis dan slow learner yang memiliki hasil penelitian berbeda dengan beberapa penelitian sebelumnya. Untuk itu, bagi peneliti yang akan meneliti variabel kepercayaan diri, dapat mendalami indikator-indikator tersebut seperti mencari tahu faktor-faktor yang memengaruhi sikap tanggung jawab atau kemampuan interaksi pada PDBK autis atau slow learner dalam pengembangan kepercayaan diri atau berfokus pada indikator-indikator kepercayaan diri yang masih belum muncul pada PDBK dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan diri, Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK)
Subjects: Psychology
Psychology > Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Ayu Rinata
Date Deposited: 20 May 2025 02:32
Last Modified: 20 May 2025 02:32
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13698

Actions (login required)

View Item View Item