Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi

Setyawati, Dina Fitri (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN ORISINILITAS.pdf

Download (604kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (548kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (600kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS AKHIR.pdf

Download (984kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (873kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (520kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (823kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (867kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (996kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (329kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (534kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan menulis teks narasi pada peserta didik kelas IV di UPT SDN 18 Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Metode penelitian eksperimen yang digunakan adalah quasi eksperiment, karena dalam penelitian ini peneliti tidak dapat mengontrol seluruh variabel. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah kelas IV UPT SDN 18 Gresik tahun ajaran 2024/2025 berjumlah 54 peserta didik yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas IVA dan IVB. Analisis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan nilai rata-rata pada nilai post-test kelas eksperimen sebesar 83,77. Sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata sebesar 78,56. Dari hasil tersebut, dibuktikan dengan pengujian hipotesis yang menggunakan uji Independent Sampel T Test pada taraf signifikansi yaitu α=0,05 menunjukkan nilai Sig sebesar 0,000 yang artinya nilai Sig < 0,05. Oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Additional Information: Model Pembelajaran, Kemampuan Menulis, Teks Narasi
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Dina Fitri Setyawati
Date Deposited: 20 May 2025 02:49
Last Modified: 20 May 2025 02:49
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13719

Actions (login required)

View Item View Item