SUHARSANI, AKHMAD BAGUS (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS DENGAN TIPE STAD PADA MATERI LIMAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 MANYAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Abstrak.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (397kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Pada umumnya, model pembelajaran yang dikembangkan guru matematika dalam kegiatan belajar mengajar adalah model pembelajaran konvensional yang lebih banyak mengandalkan ceramah. Peserta didik hanya ditempatkan sebagai objek sehingga peserta didik menjadi pasif dan tenggelam ke dalam kondisi belajar yang kurang merangsang aktifitas belajar yang optimal. Upaya mengatasi kesulitan belajar matematika diantaranya adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang baru. Model pembelajaran adalah cara yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar dengan berbagai variasi sehingga peserta didik terhindar dari rasa bosan dan tercipta suasana yang nyaman dan menyenangkan. Oleh karena itu peneliti membandingkan antara dua metode pembelajaran yang berbeda dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TSTS dan tipe STAD pada materi limas di kelas VIII SMP Negeri 1 Manyar. Jenis penelitian ini adalah komparatif yaitu membandingkan hasil belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TSTS dan tipe STAD pada materi limas. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C, VIII D, VIII E, VIII F, VIII G, VIII H, dan VIII I SMP Negeri 1 manyar tahun pelajaran 2013-2014 yang berjumlah 191 peserta didik. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VIII G sebagai kelas TSTS dan kelas VIII F sebagai kelas STAD. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar. Dari hasil analisa data uji homogenitas diperoleh bahwa semua populasi penelitian tersebut berasal dari populasi yang homogen, dan dari hasil analisa data uji normalitas diperoleh bahwa kedua kelas berdistribusi normal maka teknik analisa data yang digunakan adalah uji t dua sampel independen. Berdasarkan uji t dua sampel independen didapatkan bahwa nilai signifikan > 0,05, artinya tidak ada perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TSTS dan tipe STAD pada materi limas di kelas VIII SMP Negeri 1 Manyar.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | tri risdianto saifullah |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 02:28 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 02:28 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1406 |
Actions (login required)
View Item |