ROHMAN, FARID (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII E SMP YPI DARUSSALAM CERME. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ix abstrak bin.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (589kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (439kB) | Preview |
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (139kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran matematika yang mendominasi di sekolah adalah pembelajaran yang konvensional. Peserta didik belajar secara pasif, karena pembelajaran hanya berpusat pada guru, sedangkan salah satu model pembelajaran yang sesuai dalam pembelajaran dan dapat membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif. Maka dari itu, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achiviement Division) berbasis multimedia. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia merupakan salah satu bentuk model pembelajaran kooperatif yang di modifikasi dengan media (macromedia flash) untuk menekankan pada aktivitas peserta didik selama pembelajaran berlangsung. Tipe ini menuntut peserta didik untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun dalam keterampilan proses kelompok. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan aktifitas guru, aktifitas peserta didik selama mengikuti pembelajaran, hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran, dan respon peserta didik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subyek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII-E SMP SMP YPI Darussalam Cerme tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 32 peserta didik. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan aktifitas guru, serta aktivitas pesertadidik, soal tes hasil belajar, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe STAD pada materi himpunan bagian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran aktifitas guru dikategorikan baik, aktifitas peserta didik juga dikategorikan baik, ketuntasan belajar peserta didik dalam pembelajaran dikatakan tuntas dan respon peserta didik terhadap pembelajaran dikatakan baik. Dari keempat indikator tersebut semuanya tercapai, maka penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia pada materi himpunan bagian dikatakan baik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education > Geometry Geometry Geometry Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 02:28 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 02:28 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1409 |
Actions (login required)
View Item |