NURJAYANTI, IIN (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN LKS TERSTRUKTUR BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII-A MTS NURUL ISLAM PONGANGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
Text
ABSTRAK.pdf Download (98kB) |
|
Text
(4)BAB I PDF.pdf Download (156kB) |
|
Text
(5) BAB II PDF.pdf Download (268kB) |
|
Text
(6)BAB III PDF.pdf Download (207kB) |
|
Text
(7)BAB IV PDF.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
|
Text
(8)BAB V PDF.pdf Download (87kB) |
|
Text
(9)DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf Download (144kB) |
Abstract
Pendidikan mempunyai arti yang sangat penting baik dalam kehidupan seseorang, keluarga, bangsa dan Negara. Menurut Muslich (2009: 11) Sampai saat ini persoalan pendidikan yang dihadapi bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Agar tujuan pembelajaran dapat mencapai sasaran dengan baik dibutuhkan pendekatan, model-model pembelajaran, serta bahan pembelajaran yang dapat menimbulkan situasi belajar yang banyak melibatkan keaktifan peserta didik. Salah satu model dan bahan pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan lks terstruktur berbasis penemuan terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktifitas guru dalam mengelola pembelajaran, aktifitas peserta didik selama proses pembelajaran, dan hasil belajar peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan lks terstruktur berbasis penemuan terbimbing. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-A yang berjumlah 36 peserta didik. Penelitian ini dilakukan di MTs Nurul Islam Pongangan pada semester genap di bulan April pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan aktifitas guru dalam mengelola pembelajaran lembar aktifitas peserta didik selama proses pembelajaran, dan lembar soal tes belajar. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dari seluruh pertemuan memperoleh nilai rata-rata 88,89 sehingga dapat dikategorikan sangat baik. (2) hasil prosentase rata-rata peserta didik selama proses pembelajaran yaitu 68,7% sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan lks terstruktur berbasis penemuan terbimbing adalah aktif. (3) hasil tes belajar peserta didik setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan lks terstruktur berbasis penemuan terbimbing, menunjukkan bahwa ketuntasan belajar secara klasikal tercapai karena lebih dari 80% yaitu 83,33%.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education > Geometry Geometry Geometry Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 02:28 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 02:28 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1410 |
Actions (login required)
View Item |