Shofiana, Irma (2014) ANALISIS LEVEL KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA TERBUKA PADA MATERI SATUAN VOLUME DAN DEBIT KELAS VI SDN SIWALAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (234kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Soal matematika terbuka sangat dianjurkan untuk diberikan kepada peserta didik melalui pemecahan suatu masalah. Karena suatu masalah matematika terbuka menurut Suherman (2001: 113) adalah supaya peserta didik tidak hanya memperoleh jawaban tetapi juga lebih menekankan pada cara bagaimana peserta didik menemukan suatu jawaban atau penyelesaian. Selain pentingnya pemecahan masalah matematika terbuka, memperhatikan level kemampuan setiap peserta didik dalam memecahkan masalah matematika juga sangat penting. Dengan begitu pendidik akan mampu memahami karakteristik setiap peserta didik di kelas tersebut, serta mampu merancang kegiatan pembelajaran yang memungkinkan setiap peserta didik memperoleh peluang yang sama untuk menunjukkan dan mengembangkan potensinya berdasarkan level kemampuannya. Penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan level kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah matematika di kelas VI SDN Siwalan. Hasil tes akan dianalisis berdasarkan langkah pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Polya. Kemudian diklasifikasikan ke dalam level-level kemampuan yang di adaptasi dari Zanzali dan Nam serta Departement Pendidikan Vermont. Level kemampuan itu meliputi level 1, level 2, level 3, level 4, atau level 5. Subjek penelitiannaya adalah seluruh peserta didik kelas VI SDN Siwalan yang berjumlah 10 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes masalah matematika terbuka dan wawancara. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa dalam memecahkan masalah matematika terbuka peserta didik kels VI di SDN Siwalan terdapat dua peserta didik (20%) pada level 1, terdapat empat peserta didik (40%) pada level 2, terdapat satu peserta didik (10%) pada level 3, terdapat tiga peserta didik (30%) pada level 5. Sedangkan rata-rata nilai peserta didik dalam memecahkan masalah matematika terbuka dan standar deviasinya adalah 65 dan 33,56.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education > Geometry Geometry Geometry Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 02:28 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 02:28 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1412 |
Actions (login required)
View Item |