PEMBELAJARAN STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP YANG DIDAHULUI DENGAN RESITASI PADA MATERI OPERASI BILANGAN BERPANGKAT TIGA PADA PESERTA DIDIK KELAS VI MI AL – MA’ARIF SUKOMULYO

MAKNUN, JAUHAR (2014) PEMBELAJARAN STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP YANG DIDAHULUI DENGAN RESITASI PADA MATERI OPERASI BILANGAN BERPANGKAT TIGA PADA PESERTA DIDIK KELAS VI MI AL – MA’ARIF SUKOMULYO. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Interaksi belajar yang baik adalah Guru tidak mendominasi dikelas, melainkan Guru sebagai fasilitator menciptakan suasana yang kondusif menyenangkan serta selalu memberikan motivasi, menciptakan kreatifitas peserta didik melalui kegiatan belajar yang efektif, oleh karenanya dibutuhkan strategi pembelajaran yang bervariasi sehingga bukan hanya peserta didik mengerti tetapi sekaligus memahami konsep yang ada didalam materi yang dipelajari, khususnya dalam pembelajaran mengenai Operasi hitung bilangan berpangkat tiga. Adalah strategi pembelajaran Student Team Heroic Leadership Yang Didahului Resitasi, Pada pelaksanaannya, setiap peserta didik diberi modul yang berisi uraian materi, soal-soal dan tugas yang akan didiskusikan sebelum tatap muka di kelas. Pada saat tatap muka, setiap peserta didik diminta menyiapkan pertanyaan-pertanyaan (soal-soal) yang akan diajukan/dilempar oleh 1 kelompok besar kepada kelompok besar yang lain sebagai penjawab soal begitu pula sebaliknya. Jenis penelitian yang digunakan adalah komparatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VI MI Al-Ma’arif Sukomulyo Manyar tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 74 peserta didik yang terdiri dari Dua kelas, Kelas VIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIA sebagai kelas kontrol. Pada penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah uji ketuntasan belajar, uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis yaitu uji-t paired sample t test.dengan menggunakan alat bantu SPSS 14,0. Setelah dilakukan perhitungan diperoleh hasil uji-t diperoleh nilai sig = 0,000 lebih kecil dari a = 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, yaitu hasil belajar peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran student team heroic leadership yang didahului resitasilebih baik daripada hasil belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran langsung pada materi pokok bangun ruang di kelas VI MI Al – ma’arif Sukomulyo Manyar

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:28
Last Modified: 28 Jun 2019 02:28
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1413

Actions (login required)

View Item View Item