PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK ANTARA METODE SILIH TANYA DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMP NEGERI 2 GRESIK

Malasiantika, Wiharning Sari (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK ANTARA METODE SILIH TANYA DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMP NEGERI 2 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran yang diimplementasikan di sekolah saat ini pada umumnya masih didominasi dengan pembelajaran konvensional. Proses pembelajarannya hanya berpusat pada guru sehingga guru menempatkan diri sebagai orang yang serba tahu dan sebagai sumber belajar sedangkan peserta didik tidak terlibat secara langsung di dalam pembelajaran tersebut. Hal ini menyebabkan peserta didik menjadi pasif. Untuk mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran dapat menggunakan metode silih tanya dan metode pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar peserta didik antara menggunakan metode silih tanya dan metode pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan populasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Gresik tahun ajaran 2013-2014. Sedangkan sampel dari penelitian ini sebanyak 69 peserta didik (2 kelas). Instrumen yang digunakan adalah soal tes hasil belajar peserta didik. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai tes hasil belajar peserta didik. Hasil dari analisis data diperoleh bahwa nilai signifikan = 0,464 lebih daripada taraf signifikan 0,05 sehingga berada pada daerah penerimaan H0, artinya hasil belajar peserta didik setelah pembelajaran yang menggunakan metode silih tanya tidak ada perbedaan dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 28 Jun 2019 08:24
Last Modified: 28 Jun 2019 08:24
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1455

Actions (login required)

View Item View Item