Pengembangan Media Komik Untuk Keterampilan Menyimak Bahasa Indonesia

Pratomo, Lyra Faidzatul (2025) Pengembangan Media Komik Untuk Keterampilan Menyimak Bahasa Indonesia. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
1 HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS (KEASLIAN) FIX.pdf

Download (211kB)
[img] Text
2 LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (328kB)
[img] Text
3 LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (293kB)
[img] Text
4 LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (249kB)
[img] Text
5 HALAMAN JUDUL.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Komik Gresik Kotaku sebagai media pembelajaran keterampilan menyimak Bahasa Indonesia melalui model ADDIE, (2) Mendeskripsikan kelayakan dan keefektifan Komik Gresik Kotaku sebagai media pembelajaran untuk keterampilan menyimak Bahasa Indonesia, (3) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap Komik Gresik Kotaku sebagai media pembelajaran untuk keterampilan menyimak Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilakukan di UPT SD Negeri 53 Gresik pada semester genap. Subjek penelitian ini adalah 34 peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli media, ahli materi, angket respon peserta didik, lembar soal tes, dan wawancara. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) Media Komik Gresik Kotaku untuk keterampilan menyimak dilaksanakan melalui 5 tahapan model ADDIE, (2) Hasil kevalidan media Komik Gresik Kotaku dilihat dari hasil validasi tim ahli yaitu ahli media sebesar skor 92,1% dikategorikan sangat valid dan ahli materi sebesar 95,2% dikategorikan sangat valid, (3) Hasil Keefektivitas media Komik Gresik Kotaku yang diperoleh dari hasil tes belajar peserta didik mendapatkan persentse sebesar 97% dikategorikan sangat valid (4) Angket respon peserta didik mendapatkan nilai 99,4% berkategori sangat baik dan berdampak positif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media, Komik, Keterampilan Menyimak
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Lyra Faidzatul Pratomo
Date Deposited: 24 Nov 2025 08:55
Last Modified: 24 Nov 2025 08:55
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/14677

Actions (login required)

View Item View Item