FAIZAH, LAILATUL (2014) PENGARUH TINGKAT DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA TERHADAP TINGKAT MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SMA NAHDLATUL ULAMA 2 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
abstrak.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (211kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) | Preview |
Abstract
Dalam kegiatan belajar mengajar, motivasi sangat diperlukan untuk mendorong dan meningkatkan semangat siswa sehingga akan memperoleh prestasi yang baik. Motivasi yang paling penting untuk psikologi pendidikan adalah motivasi berprestasi. Kegagalan atau keberhasilan anak dalam mencapai pendidikannya sangat dipengaruhi ada tidaknya dukungan sosial orang tua. Bentuk dukungan sosial orang tua kepada anak meliputi dukungan instrumental, dukungan informasional, dukungan emosional, penghargaan dan dukungan kelompok sosial. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tingkat dukungan sosial orang tua terhadap tingkat motivasi berprestasi siswa SMA Nahdlatul Ulama 2 Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan karakteristik permasalahannya, penelitian ini termasuk dalam penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan proportionate stratified random sampling pada siswa kelas X dan XI SMA Nahdlatul Ulama 2 Gresik. Sedangkan metode pengumpulan data dari kedua variabel menggunakan angket yang disusun dalam bentuk skala Likert. Data dari kedua variabel diolah dengan teknik statistik regresi linier berganda dengan taraf signifikansi 5%. Dapat diketahui bahwa F hitung lebih besar dari pada F tabel (9,271 > 2,29) dengan taraf signifikansi 0,000 adalah lebih kecil dari pada 0,05, maka Ho ditolak. Koefisien regresi pada dimensi dukungan instrumental, dimensi dukungan informasional, dimensi dukungan emosional dan dimensi dukungan penghargaan adalah bernilai positif. Sedangkan koefisien regresi pada dimensi dukungan kelompok sosial adalah bernilai negatif. Taraf signifikansi dimensi instrumental sebesar 0,000 adalah lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak. Taraf signifikansi dimensi informasional sebesar 0,751 adalah lebih besar dari 0,05, maka Ho diterima. Taraf signifikansi dimensi emosional sebesar 0,154 dalah lebih besar dari 0,05, maka Ho diterima. Taraf signifikansi dimensi penghargaan sebesar 0,937 adalah lebih besar dari 0,05, maka Ho diterima. Dan taraf signifikansi dimensi kelompok sosial sebesar 0,437 adalah lebih besar dari 0,05, maka Ho diterima. Koefisien determinasi r2 = 0,289. Berdasarkan analisis data, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sumbangan tingkat dukungan sosial orang tua terhadap tingkat motivasi berprestasi sebesar 28,9 %.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Psychology > Philosophy Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | tri risdianto saifullah |
Date Deposited: | 01 Jul 2019 01:41 |
Last Modified: | 01 Jul 2019 01:41 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1477 |
Actions (login required)
View Item |