HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KEBUTUHAN AFILIASI DENGAN INTENSITAS PENGGUNAAN BLACKBERRY MESSENGER (BBM) PADA REMAJA DI MADRASAH ALIYAH MASYHUDIYAH

HIDAYATI, NURUL (2014) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KEBUTUHAN AFILIASI DENGAN INTENSITAS PENGGUNAAN BLACKBERRY MESSENGER (BBM) PADA REMAJA DI MADRASAH ALIYAH MASYHUDIYAH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kemajuan teknologi yang pesat pada bidang komunikasi melahirkan banyak inovasi yang bertujuan memudahkan proses komunikasi menjadi lebih efektif. Fenomena belakangan ini mulai menarik terkait dengan penggunaan handphone dengan inovasi baru adalah menggunakan layanan Blackberry Messenger (BBM). Kemampuan Blackberry untuk menjelajah internet dan mengakses berbagai informasi yang diperlukan oleh penggunanya, membuat penggunanya merasa dimanjakan. Remaja dapat memenuhi kebutuhan afiliasinya tanpa harus bertatap muka secara langsung karena melalui situs jejaring sosial BBM menyediakan fitur untuk membangun hubungan dengan orang lain. Menurut McClelland tingkat kebutuhan afiliasi adalah suatu ketertarikan pada orang lain yang bertujuan untuk meyakinkan perasaan bahwa dirinya dapat diterima oleh orang lain. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya Hubungan Antara Tingkat Kebutuhan Afiliasi Dengan Intensitas Penggunaan BBM Pada Remaja di Madrasah Aliyah Masyhudiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif tipe korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh remaja siswa-siswi Madrasah Aliyah Masyhudiyah yang menggunakan BBM. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Data dari kedua variabel diolah dengan teknik statistik korelasi Kendall Tau dengan taraf signifikansi 5%. Dapat diketahui bahwa r=0,42, p=0,000; p < 0,05. Karena taraf signifikasi p lebih kecil dari 0,05, maka Ha diterima. Jadi ada hubungan yang signifikan antara Tingkat Kebutuhan Afiliasi dengan Intensitas Penggunaan BBM.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Psychology > Philosophy
Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 01 Jul 2019 01:42
Last Modified: 01 Jul 2019 01:42
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1486

Actions (login required)

View Item View Item