AMALIA, YASIENTA (2014) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP METODE PENGAJARAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN TINGKAT MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMA SEMEN GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
Text
ABSTRAK.pdf Download (65kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (76kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (172kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (68kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (31kB) |
|
Text
Daftar Pustaka dn Lampiran.pdf Download (338kB) |
Abstract
Skripsi ini mengkaji tentang hubungan antara persepsi siswa terhadap metode pengajaran Kewirausahaan dengan minat berwirausaha siswa. Minat berwirausha adalah kecenderungan dalam diri subyek untuk tertarik melihat dan menilai kesempatan bisnis kemudian mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil keuntungan dan tindakan yang tepat untuk sukses. Minat berwirausaha pada diri siswa dapat dipengaruhi dari beberapa faktor, yaitu faktor fisik, psikis, dan lingkungan. Akan tetapi sebagian besar minat pada siswa ditentukan oleh metode pengajaran kewirausahaan yang diperoleh di lingkungan sekolah. Salah satunya yang dapat menarik minat siswa untuk berwirausaha adalah model pengajaran Guru Kewirausahaan. Guru yang dapat menciptakan lingkungan belajar yang efektif, menyenangkan, mampu mengelolah kelas dengan baik ketika pengajaran, maka dapat menarik perhatian siswa untuk minat terhadap mata pelajaran yang sedang diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara persepsi siswa terhadap metode pengajaran kewirausahaan dengan tingkat minat berwirausaha siswa SMA Semen Gresik. Penelitian ini merupakan tipe penelitian korelasional. Berdasarkan pendekatannya termasuk dalam penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Semen Gresik tahun pelajaran 2013-2014. Metode pengumpulan data dari kedua variabel menggunakan kuesioner yang disusun dalam bentuk skala likert dengan pilihan jawaban Sangat Sesuai (SS), Sesuai (S), Tidak Sesuai (TS), Sangat Tidak Sesuai (STS). Untuk menguji validitas skala menggunakan validitas isi (Content Validity). Reliabilitas diuji dengan menggunakan teknik Alpha Cronbach dan perhitungannya menggunakan program SPSS 15.0 for Windows. Data kedua variabel diolah dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan r hitung = 0,825 lebih besar daripada r tabel yaitu sebesar 0,1816 yang berarti signifikan. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara persepsi siswa terhadap metode pengajaran kewirausahaan dengan tingkat minat berwirausaha siswa SMA Semen Gresik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Psychology > Philosophy Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | tri risdianto saifullah |
Date Deposited: | 01 Jul 2019 01:42 |
Last Modified: | 01 Jul 2019 01:42 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1490 |
Actions (login required)
View Item |