Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Al-Islam Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gresik

Saputra, Syahru Rio (2025) Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Al-Islam Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
01Surat Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (88kB)
[img] Text
02Halaman Pengesahan.pdf

Download (67kB)
[img] Text
04Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03Surat Pernyataan Persetujuan Tugas.pdf

Download (123kB)
[img] Text
10BAB I.pdf

Download (374kB)
[img] Text
11BAB II.pdf

Download (435kB)
[img] Text
12BAB III.pdf

Download (469kB)
[img] Text
13BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img] Text
14BAB V.pdf

Download (360kB)
[img] Text
15Daftar Pustaka.pdf

Download (326kB)
[img] Text
16Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar Al-Islam siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gresik. Hipotesis dalam penelitian ini ialah ada pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar Al-Islam siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gresik. Dengan sampel 74 siswa. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data wawancara dan kuisioner, wawancara ditujukan kepada guru pengajar, sedangkan kuisioner ditujukan kepada siswa kelas VII dengan tujuan mencari data tentang pemberian reward dan data tentang motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis korelasi Person Product Moment (PPM) diperoleh hasil : rxy 0,5267 lebih besar daripada rtabel 0,2272 yaitu 0,5267 > 0,2272 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima, yang artinya Ada Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gresik. Dan dilihat dari pedoman interpretasi koefesien korelasi rxy dengan nilai 0,5267 berada di antara angka 0,40 sampai 0,599, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Tingkat hubungannya sedang. Sehingga dalam penelitian ini Hipotesis alternatif (Ha) diterima sedangkan Hipotesis (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pemberian reward, motivasi belajar
Subjects: Islamic Education
Islamic Religion
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Syahru Rio Saputra
Date Deposited: 06 Nov 2025 04:49
Last Modified: 06 Nov 2025 04:49
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/15081

Actions (login required)

View Item View Item