Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Materi Fotosintesis. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Putri, Wahyu Novitasari Karnoto (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Materi Fotosintesis. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN TULISAN.pdf

Download (128kB)
[img] Text
LEMBAR TTD.pdf

Download (90kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (422kB)
[img] Text
HALAMAN_PERSETUJUAN_PUBLIKASI_VITA.pdf

Download (74kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (736kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (523kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (272kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar materi fotosintesis kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan jenis quasi eksperimen. Desain dalam penelitian yaitu non-equivalent control group design. Desain penelitian ini melibatkan dua kelas, kelas eksperimen yaitu IV-B dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas kontrol yaitu kelas IV-C dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. Sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas IV-B dan IV-C SD YPI Darussalam sebanyak 54 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian pada uji Independent Sample T-test yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05 yang berarti kurang dari 0,05 maka H0 dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar materi fotosintesis kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Fotosintesis
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Wahyu Novitasari Karnoto Putri
Date Deposited: 24 Nov 2025 06:16
Last Modified: 24 Nov 2025 06:16
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/15312

Actions (login required)

View Item View Item