NUANSARI, ANGGUN (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS IV-B SDN BANJARSARI CERME. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (490kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Pada pembelajaran matematika yang dilakukan saat ini guru masih cenderung menggunakan metode ceramah dengan kata lain guru masih mendominasi pembelajaran atau lebih aktif daripada peserta didiknya sehingga dalam proses pembelajaran di kelas peran peserta didik sangat kurang. Jadi guru harus dapat memilih dan menerapkan model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik lebih kreatif dan aktif. Model pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi peserta didik. Dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT ini menggunakan pendekatan open-ended merupakan suatu pendekatan yang memberikan banyak alternatif atau cara penyelesaian masalah dalam matematika, sehingga peserta didik dapat mengembangkan pola berfikirnya dan lebih aktif dalam proses pembelajaran. Maka dari itu peneliti menerapakan pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dengan pendekatan open-ended. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik, hasil belajar peserta didik dan respon peserta didik terhadap pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan open-ended. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-B yang berjumlah 42 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket dengan instrumen penelitian lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, soal tes hasil belajar dan angket respon peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik, aktivitas peserta didik selama pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dengan pendekatan open-ended masuk dalam kategori baik, nilai tes hasil belajar peserta didik menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dengan pendekatan open-ended secara klasikal tercapai dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah. Respon peserta didik dikatakan baik terhadap pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dengan pendekatan open-ended dapat dikatakan baik
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | tri risdianto saifullah |
Date Deposited: | 04 Jul 2019 12:10 |
Last Modified: | 04 Jul 2019 12:10 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1703 |
Actions (login required)
View Item |