SEPTIANI, HANI RATIH (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING PADA MATERI KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DI KELAS III MI AL FALAH KEDANYANG GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
abstrak ru.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (99kB) | Preview |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan di Indonesia saat ini lebih banyak mengutamakan fungsi otak kiri daripada otak kanan. Padahal, hasil penelitian para ahli menunjukkan kesuksesan seseorang dalam mengarungi kehidupan lebih banyak dipengaruhi oleh otak kanan. Otak kanan memegang peranan 88 % sedangkan, otak kiri hanya 12 % saja. Sebagai seorang guru kita sebaiknya mampu mendesain pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat dimana tidak hanya fungsi otak kiri yang dominan dalam pembelajaran melainkan mampu meningkatkan fungsi otak kanan sehingga pembelajaran lebih menyenangkan dan tujuan pembelajaran tercapai secara maksimal. Model pembelajaran terbaru yang dipercaya mampu meningkatkan fungsi otak kanan adalah model pembelajaran hypnoteaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau memberikan gambaran yang lebih luas tentang penerapan model pembelajaran hypnoteaching pada materi keliling persegi dan persegi panjang di kelas III MI Al Falah Kedanyang Gresik, meliputi aktifitas peserta didik, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan ketuntasan hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian sebanyak 19 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi aktifitas peserta didik dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model hypnoteaching, serta lembar tes ketuntasan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh setelah menerapkan pembelajaran dengan model hypnoteaching pada materi keliling persegi dan persegi panjang di kelas III MI Al Falah Kedanyang Gresik adalah: (1) aktifitas peserta didik adalah aktif; (2) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah baik; (3) ketuntasan belajar peserta didik adalah tuntas.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education > Geometry Geometry Geometry Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 05 Jul 2019 04:10 |
Last Modified: | 05 Jul 2019 04:10 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1715 |
Actions (login required)
View Item |