PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING PADA MATERI KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DI KELAS III MI AL FALAH KEDANYANG GRESIK

SEPTIANI, HANI RATIH (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING PADA MATERI KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DI KELAS III MI AL FALAH KEDANYANG GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
abstrak ru.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (15kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pendidikan di Indonesia saat ini lebih banyak mengutamakan fungsi otak kiri daripada otak kanan. Padahal, hasil penelitian para ahli menunjukkan kesuksesan seseorang dalam mengarungi kehidupan lebih banyak dipengaruhi oleh otak kanan. Otak kanan memegang peranan 88 % sedangkan, otak kiri hanya 12 % saja. Sebagai seorang guru kita sebaiknya mampu mendesain pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat dimana tidak hanya fungsi otak kiri yang dominan dalam pembelajaran melainkan mampu meningkatkan fungsi otak kanan sehingga pembelajaran lebih menyenangkan dan tujuan pembelajaran tercapai secara maksimal. Model pembelajaran terbaru yang dipercaya mampu meningkatkan fungsi otak kanan adalah model pembelajaran hypnoteaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau memberikan gambaran yang lebih luas tentang penerapan model pembelajaran hypnoteaching pada materi keliling persegi dan persegi panjang di kelas III MI Al Falah Kedanyang Gresik, meliputi aktifitas peserta didik, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan ketuntasan hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian sebanyak 19 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi aktifitas peserta didik dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model hypnoteaching, serta lembar tes ketuntasan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh setelah menerapkan pembelajaran dengan model hypnoteaching pada materi keliling persegi dan persegi panjang di kelas III MI Al Falah Kedanyang Gresik adalah: (1) aktifitas peserta didik adalah aktif; (2) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah baik; (3) ketuntasan belajar peserta didik adalah tuntas.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 05 Jul 2019 04:10
Last Modified: 05 Jul 2019 04:10
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1715

Actions (login required)

View Item View Item