MASNUN, IFLAHATUL (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL TREFFINGER PADA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII MTS. TARBIYATUS SHIBYAN WOTAN PANCENG GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (249kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (82kB) | Preview |
Abstract
Sampai saat ini pembelajaran matematika masih bermasalah, karena sebagian peserta didik menganggap bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit sehingga kurang dinikmati dan dihindari oleh peserta didik. Selain itu, pembelajaran matematika memerlukan inovasi-inovasi tertentu untuk memperbaikinya. Oleh karena itu, diperlukan suatu pembelajaran yang dapat memberikan keleluasaan berpikir dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan memfasilitasi proses pengembangan kreativitas peserta didik, yang salah satunya adalah pembelajaran model Treffinger. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan guru dalam pembelajaran, aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran, respon dan ketuntasan belajar peserta didik terhadap penerapan pembelajaran model Treffinger pada materi operasi bentuk aljabar. Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan subyek penelitian peserta didik kelas VIII MTs. Tarbiyatus Shibyan Wotan Tahun Ajaran 2013-2014. Dengan jumlah peserta didik sebanyak 20 peserta didik. Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar soal tes hasil belajar serta lembar angket respon peserta didik. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai tes hasil belajar peserta didik dan data observasi. Hasil dari analisis data diperoleh bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran model Treffinger pada materi operasi bentuk aljabar dapat dikatakan baik dengan prosentase 78,75%, aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran dapat dikategorikan baik dengan prosentase 77,1%, respon peserta didik terhadap penerapan pembelajaran model Treffinger pada materi operasi bentuk aljabar dikategorikan baik dengan prosentase 90% dan peserta didik tuntas belajar sebesar 80% sesuai dengan kurikulum MTs. Tarbiyatus shibyan Wotan secara klasikal ketuntasan belajar tercapai,
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education > Geometry Geometry Geometry Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 05 Jul 2019 04:10 |
Last Modified: | 05 Jul 2019 04:10 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1717 |
Actions (login required)
View Item |