QOIDAH, NURUL (2013) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR MENURUT GREGORC PADA MATERI LUAS PERMUKAAN SERTA VOLUME KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
abstrak.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (148kB) | Preview |
|
Text
BAB IV (Autosaved).pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (60kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan saat ini sangat membutuhkan para generasi baru yang kreatif dan inovatif. Setiap generasi baru tersebut memiliki karakter dan tingkat kecerdasan yang berbeda-beda, begitu pula dengan apa yang dimiliki peserta didik di kelas, dengan tingkat kecerdasan yang berbeda membuat peserta didik memiliki cara-cara tersendiri dalam menyerap, menangkap, dan memahami informasi yang ada, sehingga hasil belajar yang didapat oleh tiap peserta didik juga berbeda-beda. Cara yang berbeda itu dapat disebut dengan gaya belajar. Salah satu model yang efektif untuk memahami perbedaan gaya belajar berasal dari hasil penelitian Dr. Anthoni F.Gregorc yang mengkombinasikan gaya belajar menjadi empat tipe kombinasi yang dominan yaitu Sekuensial Kongkret (kongkret berurutan), Sekuensial Abstrak (abstrak berurutan), Random Abstrak (abstrak acak) dan Random Kongkret (kongkret acak). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan antara hasil belajar peserta didik yang mempunyai gaya belajar Sekuensial Konkret, Sekuensial Abstrak, Random Abstrak, dan Random Konkret pada materi luas permukaan serta volume kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan populasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Gresik tahun ajaran 2012-2013. Sedangkan sampel dari penelitian ini sebanyak 34 peserta didik yaitu satu kelas yang dipilih dengan teknik Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner gaya belajar Gregorc dan tes hasil belajar peserta didik. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah hasil kuisioner gaya belajar Gregorc dan nilai tes hasil belajar peserta didik. Hasil dari analisis data diperoleh bahwa nilai sig (p – value) = 0,520 lebih besar dari pada taraf signifikan = 0,05 sehingga berada pada daerah penerimaan Ho, artinya tidak ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara peserta didik peserta didik yang mempunyai gaya belajar Sekuensial Konkret, Sekuensial Abstrak, Random Abstrak ,dan Random Konkret pada materi Luas Permukaan serta Volume Kubus dan Balok di kelas VIII SMP NEGERI 2 Gresik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education > Geometry Geometry Geometry Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 05 Jul 2019 07:15 |
Last Modified: | 05 Jul 2019 07:15 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1732 |
Actions (login required)
View Item |