Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Pengajuan dan Pemecahan Masalah (JUCAMA) pada Materi Luas Permukaan dan Volume Balok Kelas VIII MTsN Gresik

MAHMUDIA, SITI NUR (2013) Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Pengajuan dan Pemecahan Masalah (JUCAMA) pada Materi Luas Permukaan dan Volume Balok Kelas VIII MTsN Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB II.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB III.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img]
Preview
Text
11. BAB V.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (58kB) | Preview

Abstract

Matematika diberikan sebagai pelajaran di sekolah dengan tujuan untuk mengembangkan kreativitas siswa. Akan tetapi, pada kenyataannya kreativitas siswa terutama dalam pengajuan dan pemecahan masalah masih kurang diperhatikan oleh guru, karena siswa seringkali hanya diberi soal-soal yang konvergen. Oleh karena itu keberadaan model maupun perangkat pembelajaran dapat memotivasi dan mengarahkan pembelajaran matematika yang berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif. Untuk dapat membantu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa dapat digunakan model pembelajaran pengajuan dan pemecahan masalah (JUCAMA). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui korelasi antara kemampuan siswa dalam pengajuan masalah dengan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Negeri Gresik tahun pelajaran 2012-2013, sedangkan sampel penelitian sebanyak 36 peserta didik (satu kelas) yang dipilih dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah dengan pemberian tes. Sebelum pelaksanaan penelitian dilakukan uji validitas dan reliabititas terlebih dahulu terhadap instrument penelitian. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa: ada hubungan antara kemampuan siswa dalam pengajuan masalah dengan kemampuan berpikir kreatif siswa. Dengan koefisien korelasi sebesar 0,544 jadi tingkat hubungan antara kemampuan siswa dalam pengajuan masalah dengan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah cukup kuat

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berfikir kreatif, model pembelajaran JUCAMA, pengajuan masalah, pemecahan masalah
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 08 Jul 2019 03:14
Last Modified: 02 Jun 2020 04:02
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1772

Actions (login required)

View Item View Item