NIKMAH, ZAIDATUN (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE PROBING PROMPTING QUESTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SOAL CERITA PECAHAN DI KELAS IV SDM GKB 2 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (184kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (83kB) | Preview |
Abstract
Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak dapat lepas dari operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan yang merupakan bagian dari pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil observasi terhadap guru dan siswa kelas IV SD Muhammadiyah GKB 2 Gresik ditemukan cara mengajar guru yang masih bersifat konvensional dan pembelajaran yang kurang menyenangkan mengakibatkan siswa merasa bosan dan tidak termotivasi untuk belajar menyelesaikan soal cerita dengan baik. Salah satu upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan metode probing prompting question. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dengan metode probing prompting question, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita dengan metode probing prompting question pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dianalisis secara deskriptif, dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga tahap penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, refleksi. Pada tiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mencapai 76,9%, hasil observasi guru mencapai 71% dan hasil observasi siswa mencapai 71,5%. Sedangkan hasil penelitian pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase hasil belajar siswa mencapai 88,5%, hasil observasi guru mencapai 84,4% dan hasil observasi siswa mencapai 84,1%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan metode probing prompting question dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi soal cerita pecahan.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | tri risdianto saifullah |
Date Deposited: | 08 Jul 2019 03:14 |
Last Modified: | 08 Jul 2019 03:14 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1776 |
Actions (login required)
View Item |