RUSDIANTI, APRILI SELVIA (2015) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERING) PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII-C SMP MUHAMMADIYAH 7 CERME. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (322kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (86kB) | Preview |
Abstract
Saat ini, sebagian besar guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran matematika. Akibatnya selama pembelajaran peserta didik menjadi pasif dan sulit memahami konsep yang sedang dipelajari. Selain itu, penyebab kesulitan belajar peserta didik lainnya adalah karena sifat matematika yang abstrak. Peserta didik cenderung belum bisa menerima hal-hal yang bersifat abstrak dan hanya bisa menerima sesuatu hal yang nyata atau suatu hal yang dihubungkan dengan obyek nyata. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik, dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran REACT pada materi teorema Pythagoras dengan rancangan penelitian “One Shot Case Study”. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 7 Cerme yang berjumlah 29 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pengamatan dan tes dengan instrumen penelitian terdiri dari lembar pengamatan kemampuan guru, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, dan lembar soal tes hasil belajar. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) hasil pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran REACT pada materi teorema Pythagoras dapat dikatakan baik karena rata-rata keseluruhan pertemuan adalah 79,7; (2) aktivitas peserta didik yang aktif adalah 51,72%; (3) ketuntasan belajar secara klasikal tercapai dengan 75,86%.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | tri risdianto saifullah |
Date Deposited: | 02 Aug 2019 10:21 |
Last Modified: | 02 Aug 2019 10:21 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2455 |
Actions (login required)
View Item |