PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBASIS ARTICULATE PADA MATERI LIMIT FUNGSI DI KELAS XI MIA 1 SMA NU 2 GRESIK

Trisnawati, Eva Sutiana (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBASIS ARTICULATE PADA MATERI LIMIT FUNGSI DI KELAS XI MIA 1 SMA NU 2 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Untuk memudahkan dalam memahami matematika diperlukan media pembelajaran karena matematika merupakan suatu ilmu yang berhubungan dengan bentuk-bentuk atau struktur-struktur yang abstrak. Media pembelajaran yang paling sering digunakan adalah media pembelajaran berbasis komputer. Terdapat beberapa program dalam komputer yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, diantaranya: Microsoft PowerPoint, Macromedia Flash 8, Articulate dan lain sebagainya. Namun tidak semua guru memiliki kemampuan ICT, sehingga peneliti memanfaatkan program Articulate yang mudah dibuat tetapi tetap dapat menarik perhatian peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan multimedia articualte dan untuk mengetahui hasil dari pengembangan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Uji coba terbatas dilakukan di kelas XI MIA 1 yang berjumlah 28 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dokumen, telaah, validasi, tes, angket, wawancara, dan pengamatan. Instrumen yang digunakan adalah lembar analisis karakteristik umum peserta didik, lembar telaah, lembar validasi, soal tes, angket gaya belajar, angket respon, lembar wawancara, lembar pengamatan aktifitas peserta didik. Tahap pengembangan yang dilakukan adalah menggunakan model ASSURE, yang terdiri: (1) tahap analisis karakteristik peserta didik yang meliputi: (a) karakteristik umum, (b) kompetensi awal, (c) gaya belajar peserta didik, (2) tahap menentukan tujuan pembelajaran, (3) tahap memilih, merancang media dan validasi, (4) tahap penggunaan media, (5) tahap meminta tanggapan dari peserta didik, (6) tahap evaluasi. Hasil analisis menunjukkan media yang dikembangkan mengalami satu kali perbaikan saat proses evaluasi formatif, telaah para ahli menyatakan bahwa media yang dikembangkan dapat digunakan dengan sedikit revisi, hasil validasi termasuk dalam kategori valid, aktivitas peserta didik dalam menggunakan media ini termasuk kategori aktif, ketuntasan hasil belajar klasikal terpenuhi dan respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan positif. Sehingga media pembelajaran menggunakan multimedia berbasis articulate yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis, valid, dan efektif

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 02 Aug 2019 10:21
Last Modified: 02 Aug 2019 10:21
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2456

Actions (login required)

View Item View Item