HIDAYATI, ELIA (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MEDIA REALISTIK MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs. MIFTAHUL ULUM PEGANDEN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
abstrak.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (386kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita. Hal ini berarti bahwa setiap manusia berhak mendapatkan pendidikan. Dalam usaha mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik aktif dalam mengembangkan potensi dirinya maka dalam suatu pembelajaran dibutuhkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, serta untuk meraih hasil yang maksimal maka memerlukan media yang dapat memperjelas pembelajaran matematika. Agar hal tersebut terwujud maka perlu pembelajaran yang tepat. Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran inkuiri dengan menggunakan media realistik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas peserta didik, hasil belajar peserta didik, dan motivasi belajar peserta didik selama mengikuti pembelajaran dengan penerapan pembelajaran inkuiri dengan menggunakan media realistik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 peserta didik. Dilakukan di MTs. Miftahul Ulum Peganden pada semester genap pada materi bangun ruang sisi datar. Hasil penelitian ini adalah: (1) rata-rata prosentase aktifitas peserta mencapai lebih dari 50% yaitu 71,53%, maka dapat dikatakan aktif. (2) ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal adalah 85,29%, hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar secara klasikal telah tercapai karena lebih dari 80%. (3) hasil angket rata-rata motivasi belajar peserta didik yaitu 78,86%, hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik tinggi karena berada pada kriteria motivasi belajar tinggi.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 05 Aug 2019 04:01 |
Last Modified: | 05 Aug 2019 04:01 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2481 |
Actions (login required)
View Item |