PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MEDIA REALISTIK MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs. MIFTAHUL ULUM PEGANDEN

HIDAYATI, ELIA (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MEDIA REALISTIK MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs. MIFTAHUL ULUM PEGANDEN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita. Hal ini berarti bahwa setiap manusia berhak mendapatkan pendidikan. Dalam usaha mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik aktif dalam mengembangkan potensi dirinya maka dalam suatu pembelajaran dibutuhkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, serta untuk meraih hasil yang maksimal maka memerlukan media yang dapat memperjelas pembelajaran matematika. Agar hal tersebut terwujud maka perlu pembelajaran yang tepat. Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran inkuiri dengan menggunakan media realistik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas peserta didik, hasil belajar peserta didik, dan motivasi belajar peserta didik selama mengikuti pembelajaran dengan penerapan pembelajaran inkuiri dengan menggunakan media realistik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 peserta didik. Dilakukan di MTs. Miftahul Ulum Peganden pada semester genap pada materi bangun ruang sisi datar. Hasil penelitian ini adalah: (1) rata-rata prosentase aktifitas peserta mencapai lebih dari 50% yaitu 71,53%, maka dapat dikatakan aktif. (2) ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal adalah 85,29%, hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar secara klasikal telah tercapai karena lebih dari 80%. (3) hasil angket rata-rata motivasi belajar peserta didik yaitu 78,86%, hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik tinggi karena berada pada kriteria motivasi belajar tinggi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:01
Last Modified: 05 Aug 2019 04:01
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2481

Actions (login required)

View Item View Item