PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG PESERTA DIDIK KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PROBLEM POSING DI SMP NEGERI 2 CERME

NINGTYAS, WAHYU (2016) PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG PESERTA DIDIK KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PROBLEM POSING DI SMP NEGERI 2 CERME. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kemampuan dasar matematika merupakan kunci dalam menguasai ilmu matematika. Salah satunya adalah kemampuan pemahaman konsep. Pentingnya pemahaman konsep adalah ketika peserta didik mampu memahami konsep prasyarat, maka peserta didik dipastikan akan mudah dalam memahami konsep berikutnya. Namun peserta didik masih mengalami kesulitan dalam mengerjakan variasi soal yang masih dalam ruang lingkup konsep yang sama. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu alternatif strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalah Problem Posing. Pembelajaran tersebut diharapkan pemahaman konsep peserta didik dapat meningkat lebih baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII pada materi bangun ruang dalam pembelajaran dengan menggunakan strategi Problem Posing. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-D SMP Negeri 2 Cerme sebanyak 28 peserta didik. Instrumen penelitian ini yaitu lembar tes pemahaman konsep dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep peserta didik pada materi bangun ruang mencapai rata-rata 75,6% dengan indikator menyatakan ulang suatu konsep dengan rata-rata 79,0 %, mengidentifikasi sifat-sifat tertentu obyek (sesuai dengan konsepnya) dengan rata-rata 72,8 %, memberi contoh dan non-contoh dari konsep dengan rata-rata 79,6 %, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis juga dengan rata-rata 75,9 %, mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep dengan rata-rata 77,8 %, menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu dengan rata-rata 76,5 % dan mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah dengan rata-rata 51,9 %.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 05 Aug 2019 09:41
Last Modified: 05 Aug 2019 09:41
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2501

Actions (login required)

View Item View Item