WULANDARI, EFI (2017) REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 CERME. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Abstrak.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB 1.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (539kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (470kB) | Preview |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
||
|
Text
7. BAB V.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) | Preview |
Abstract
Representasi termasuk dalam salah satu dari lima kemampuan standar yang ditetapkan oleh NCTM (2000) yaitu : kemampuan pemecahan masalah, kemampuan penalaran, kemampuan berkomunikasi, kemampuan membuat koneksi, dan kemampuan representasi. Representasi adalah bentuk interpretasi pemikiran siswa terhadap suatu masalah, yang digunakan sebagai alat bantu untuk menemukan solusi dari masalah tersebut. Sedangkan kemampuan matemmatika adalah kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktifitas mental, berpikir, menelaah, memecahkan masalah siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Kemampuan matematis siswa berbeda-beda, ada siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Beberapa penelitian terdahulu menyebutkan bahwa ada keterkaitan antara reprsentasi matematis dengan kemampuan matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan representasi matematis siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika materi lingkaran kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Cerme.Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 7 Cerme kelas VIIIC tahun ajaran 2015-2016. Subjek dipilih dengan memberikan tes kemampuan matematika. Dari tes tersebut diperoleh siswa berkemampuan matematika tinggi dengan kriteria nilai 75≤����� ���<100, siswa berkemampuan matematika sedang dengan kriteria nilai 65≤����� ���<75, dan siswa berkemampuan matematika rendah dengan kriteria nilai 0≤����� ���<65. Setelah itu subjek diberi soal tes representasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes tulis. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan matematika dan tes representasi matematis. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Dalam menyelesaian masalah matematika materi lingkaran, kelompok siswa berkemampuan matematika tinggi rata-rata representasi verbalnya tergolong sedang, representasi visualnya tergolong sedang, dan representasi simboliknya tergolong tinggi; (2)Dalam menyelesaikan masalah matematika materi lingkaran, kelompok siswa berkemampuan matematika sedang rata-rata representasi verbalnya tergolong sedang, representasi visualnya tergolong rendah, dan representasi simboliknya tergolong sedang; (3) Dalam menyelesaikan masalah matematika materi lingkaran representasi verbalnya sanggat rendah, representasi visualnya tergolong sangat rendah, dan representasi simboliknya tergolong rendah.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education > Geometry Geometry Geometry Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 05 Aug 2019 09:41 |
Last Modified: | 05 Aug 2019 09:41 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2502 |
Actions (login required)
View Item |