PENGARUH KECEMASAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 CERME GRESIK

KARTIKA, YULIANI (2016) PENGARUH KECEMASAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 CERME GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Abstrak 2.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Rendahnya prestasi belajar matematika di SMP sampai saat ini masih sering diperoleh oleh peserta didik, tak terkecuali di SMP Negeri 2 Cerme, Gresik, di sekolahan tersebut masih banyak ditemui peserta didik yang memperoleh prestasi belajar matematika yang rendah, Hal itu disebabkan adanya kecemasan peserta didik saat mengikuti pembelajaran matematika dan kurangnya motivasi belajar peserta didik. Melihat kondisi tersebut maka peneliti tertarik melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika peserta didik di SMP Negeri 2 Cerme, Gresik. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik di SMP Negeri 2 Cerme, Gresik yang berjumlah 591 peserta didik, sedangkan sampel penelitian sebanyak 207 peserta didik. Dalam hal pengambilan sampel menggunakan teknik stratified proposional random sampling karena populasi merupakan populasi yang berstrata dengan mengambil jumlah sampel 35% dari total populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan tes, sedangkan instrumen yang digunakan adalah angket kecemasan, angket motivasi belajar dan tes prestasi belajar matematika. Hasil perhitungan regresi linier sederhana menunjukkan persamaan regresi untuk Y atas X1 adalah Ŷ = 127,875 − 1,650 �1 dengan nilai sig.(P- Value) pada uji t yaitu 0,000 sehingga sig. < �(� = 0,05). Persamaan regresi untuk Y atas X2 adalah Ŷ = −29,626 + 1,552�2 dengan nilai sig. (P-Value) pada uji t yaitu 0,000. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kecemasan dan motivasi belajar secara terpisah berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika peserta didik di SMP Negeri 2 Cerme, Gresik. Hasil perhitungan regresi berganda menunjukkan persamaan regresi berganda Ŷ = 3,677 − 0,576�1 + 1,368�2. Dari hasil uji F didapatkan nilai 0,000, sehingga sig.< �(� = 0,05), maka diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh secara simultan antara kecemasan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika peserta didik di SMP Negeri 2 Cerme, Gresik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 05 Aug 2019 09:42
Last Modified: 05 Aug 2019 09:42
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2509

Actions (login required)

View Item View Item