PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN BERBASIS PROJECT PADA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN KELAS VII SMP

KHOIROTIN, UMDATUL (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN BERBASIS PROJECT PADA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN KELAS VII SMP. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
4 (ABSTRAK).pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 (BAB I).pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 (BAB II).pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 (BAB III).pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text
9 (BAB IV).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[img]
Preview
Text
10 (BAB V).pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 (DAFTAR PUSTAKA).pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Matematika sering dianggap peserta didik sebagai salah satu mata pelajaran yang sulit untuk dipelajari. Pada saat pembelajaran matematika berlangsung, sebagian dari peserta didik kurang antusias dalam menerima materi. Sehingga dapat menyebabkan peserta didik kurang memahami materi matematika dengan baik. Pembelajaran matematika sendiri mempunyai sifat yang abstrak dan dibutuhkan pemahaman konsep yang baik, karena dalam matematika diperlukan pemahaman konsep pada materi sebelumnya untuk memahami konsep yang baru. Jika peserta didik telah memahami konsep-konsep yang diberikan maka akan memudahkan peserta didik dalam mempelajari materi yang disampaikan. Oleh karena itu untuk meningkatkan pemahaman konsep terhadap materi matematika dibutuhkan alat bantu alternatif selama kegiatan pembelajaran. Salah satunya yaitu dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dibuat dalam bentuk Lembar Kerja Siswa (LKS). Selama proses penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada mata pelajaran matematika yang diberikan, pendidik juga memerlukan suatu pendekatan berupa model pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam mengerjakan soal latihan pada lembar kerja, misalnya dengan pendekatan berbasis project atau pembelajaran berbasis proyek. Peserta didik harus fokus pada penyelesaian masalah atau pertanyaan yang memandu mereka untuk memahami konsep dan prinsip yang terkait dengan proyek. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika dengan pendekatan berbasis project pada materi perbandingan untuk peserta didik kelas VII SMP. Pengembangan LKS matematika berbasis project dilakukan dengan model pengembangan 4D (Four-D model), namun peneliti terbatas hanya melalui tiga tahap yakni tahap pendahuluan (Define), tahap perancangan (Design), dan tahap pengembangan (Develop). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Islam Duduk Sampeyan Gresik. Hasil pada penelitian ini diperoleh bahwa 75% dari hasil belajar peserta didik terhadap LKS berbasis project dikategorikan Tuntas dengan nilai maksimal 100 dan 97,5 % respon peserta didik terhadap LKS berbasis project dikategorikan sangat berminat. Maka LKS matematika berbasis project efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi perbandingan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 05 Aug 2019 12:36
Last Modified: 05 Aug 2019 12:36
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2522

Actions (login required)

View Item View Item