PENGARUH KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DAN VISUAL-SPASIAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI PESERTA DIDIK KELAS IX SMP/MTS DI KECAMATAN PANCENG

Rozalinah, Ema (2016) PENGARUH KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DAN VISUAL-SPASIAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI PESERTA DIDIK KELAS IX SMP/MTS DI KECAMATAN PANCENG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
Abstrak 3.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA TAMBAHAN.pdf

Download (141kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Para ahli mengatakan bahwa setiap individu memiliki delapan kecerdasan yang ada pada dirinya, yakni kecerdasanlinguistik, kecerdasan logis-matematis, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan kinestetik, kecerdasan musik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan natural. Dalam menyelesaikan masalah matematika, kedelapan kecerdasan tersebut tentunya memiliki peran yang berbeda. Misalnya dalam menyelesaikan masalah geometri, kecerdasan yang digunakan oleh peserta didik adalah kecerdasan logis-matematis dan kecerdasan visual-spasial. Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis-matematis dan kecerdasan visual-spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas IX SMP/MTs di kecamatan Panceng. Sekolah yang digunakan dalam penelitian ini adalah sekolah yang telah terakreditasi A dengan jumlah populasi sebanyak 268 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penenlitian ini menggunakan pedoman tabel penentuan jumlah ssampel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan jumlah sampel sebanyak 149 untuk populasi sekitar 260 peserta didik. Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Ada pengaruh antara kecerdasan logis-matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri peserta didik kelas IX SMP/MTs di kecamatan panceng, (2) Ada pengaruh antara kecerdasan visual- spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri peserta didik kelas IX SMP/MTs di kecamatan panceng, dan (3) Ada pengaruh antara kecerdasan logis- matematis dan kecerdasan visual-spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri peserta didik kelas IX SMP/MTs di kecamatan panceng

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 05 Aug 2019 12:36
Last Modified: 05 Aug 2019 12:36
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2523

Actions (login required)

View Item View Item