Rozalinah, Ema (2016) PENGARUH KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DAN VISUAL-SPASIAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI PESERTA DIDIK KELAS IX SMP/MTS DI KECAMATAN PANCENG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Abstrak 3.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB II.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB III.pdf Download (410kB) | Preview |
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
||
|
Text
6. BAB V.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA TAMBAHAN.pdf Download (141kB) | Preview |
Abstract
Para ahli mengatakan bahwa setiap individu memiliki delapan kecerdasan yang ada pada dirinya, yakni kecerdasanlinguistik, kecerdasan logis-matematis, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan kinestetik, kecerdasan musik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan natural. Dalam menyelesaikan masalah matematika, kedelapan kecerdasan tersebut tentunya memiliki peran yang berbeda. Misalnya dalam menyelesaikan masalah geometri, kecerdasan yang digunakan oleh peserta didik adalah kecerdasan logis-matematis dan kecerdasan visual-spasial. Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis-matematis dan kecerdasan visual-spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas IX SMP/MTs di kecamatan Panceng. Sekolah yang digunakan dalam penelitian ini adalah sekolah yang telah terakreditasi A dengan jumlah populasi sebanyak 268 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penenlitian ini menggunakan pedoman tabel penentuan jumlah ssampel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan jumlah sampel sebanyak 149 untuk populasi sekitar 260 peserta didik. Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Ada pengaruh antara kecerdasan logis-matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri peserta didik kelas IX SMP/MTs di kecamatan panceng, (2) Ada pengaruh antara kecerdasan visual- spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri peserta didik kelas IX SMP/MTs di kecamatan panceng, dan (3) Ada pengaruh antara kecerdasan logis- matematis dan kecerdasan visual-spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri peserta didik kelas IX SMP/MTs di kecamatan panceng
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education > Geometry Geometry Geometry Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 05 Aug 2019 12:36 |
Last Modified: | 05 Aug 2019 12:36 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2523 |
Actions (login required)
View Item |