Sulaiman, Chairi (2017) IMPLEMENTASI METODE KLASIK DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI ANAK USIA DINI DI SEKOLAH HAFIDZ QUR’AN MUHAJIRIN CENTER GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
BAB 1.pdf Download (587kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (797kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (306kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (828kB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (374kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kejamaan metode menghafal Al-Qur’an yang diterapakan pada anak usia dini dengan cukup mendengarkan MP4 atau MP3 tampa bimbingan guru, hal ini sekaligus menggeser peran guru pembimbing, namun di beberapa lembaga dan pesantren, khsusnya pesantren tradisional yang tidak mengijinkan peserta didik atau santrinya menggunakan alat elektronik, metode klasik dalam menghafal Al-Quran masih tetap dipakai, termasuk di Sekolah Tahfizh Quran (SHQ) Muhajirin Center Gresik yang menjadi tempat penelitian penulis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode klasik tersebut beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar Sekolah Hafidz Qur’an Muhajirin Center Gresik. Hasil penelitian menunjukkan: bahwa implementasi metode klasik dalam menghafal Al-Qur’an yang diterapkan sudah sesuai dengan teori yang ada dengan penambahan beberapa pengembangan. Faktor pendukungnya adalah peran aktif dan dorongan orang tua di rumah. Sedangakan penghambatnya adalah penyesuaian waktu pemberian materi hafalan, namun itu terjadi hanya pada hari sabtu dimana pemberian materi hafalan dilakukan di siang hari dimana notabene peserta didik perlu istrihat setelah pagi harinya melakukan aktifitas belajar dan bermain di Pendidikan Anak Usia Dini masing-masing.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Islamic Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program |
Depositing User: | maysatin may aliah |
Date Deposited: | 23 Aug 2019 02:35 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 02:35 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2739 |
Actions (login required)
View Item |