IMPLEMENTASI METODE KLASIK DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI ANAK USIA DINI DI SEKOLAH HAFIDZ QUR’AN MUHAJIRIN CENTER GRESIK

Sulaiman, Chairi (2017) IMPLEMENTASI METODE KLASIK DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI ANAK USIA DINI DI SEKOLAH HAFIDZ QUR’AN MUHAJIRIN CENTER GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (828kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (374kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kejamaan metode menghafal Al-Qur’an yang diterapakan pada anak usia dini dengan cukup mendengarkan MP4 atau MP3 tampa bimbingan guru, hal ini sekaligus menggeser peran guru pembimbing, namun di beberapa lembaga dan pesantren, khsusnya pesantren tradisional yang tidak mengijinkan peserta didik atau santrinya menggunakan alat elektronik, metode klasik dalam menghafal Al-Quran masih tetap dipakai, termasuk di Sekolah Tahfizh Quran (SHQ) Muhajirin Center Gresik yang menjadi tempat penelitian penulis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode klasik tersebut beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar Sekolah Hafidz Qur’an Muhajirin Center Gresik. Hasil penelitian menunjukkan: bahwa implementasi metode klasik dalam menghafal Al-Qur’an yang diterapkan sudah sesuai dengan teori yang ada dengan penambahan beberapa pengembangan. Faktor pendukungnya adalah peran aktif dan dorongan orang tua di rumah. Sedangakan penghambatnya adalah penyesuaian waktu pemberian materi hafalan, namun itu terjadi hanya pada hari sabtu dimana pemberian materi hafalan dilakukan di siang hari dimana notabene peserta didik perlu istrihat setelah pagi harinya melakukan aktifitas belajar dan bermain di Pendidikan Anak Usia Dini masing-masing.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Islamic Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 23 Aug 2019 02:35
Last Modified: 23 Aug 2019 02:35
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2739

Actions (login required)

View Item View Item