Aisyah, Zuli Ni’matul (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 01 KARANGASEM PACIRAN LAMONGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABTRAKSI.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (701kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (344kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (372kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Karangasem. dan kendala-kendala guru saat menerapkan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) pada mata pelajaran fiqih. Serta mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) pada mata pelajaran Fiqih. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Karangasem Paciran Lamongan khususnya kelas XI ( Sebelas ), yang terdiri dari 83 siswa, dan sampel yang digunakan sebagai subjek penelitian sebanyak 5 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Calassroom Action Research. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif, teknik pengambilan data berupa pengamatan (Observasi), pengumpulan dokumen dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan diterapkannnya model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) di mata pelajaran Fiqih, membuat siswa cenderung lebih aktif dalam proses pembelajaran. Lebih mandiri dalam mencari sumber informasi pembelajaran. Serta, lebih menambah wawasan keilmuan siswa. Adapun penerapan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) pada pembelajaran Fiqih pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Karangasem Paciran Lamongan adalah sudah Efektif.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Islamic Education Islamic Religion |
Divisions: | Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program |
Depositing User: | maysatin may aliah |
Date Deposited: | 23 Aug 2019 07:00 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 07:00 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2758 |
Actions (login required)
View Item |