PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 01 KARANGASEM PACIRAN LAMONGAN

Aisyah, Zuli Ni’matul (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 01 KARANGASEM PACIRAN LAMONGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABTRAKSI.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (372kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Karangasem. dan kendala-kendala guru saat menerapkan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) pada mata pelajaran fiqih. Serta mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) pada mata pelajaran Fiqih. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Karangasem Paciran Lamongan khususnya kelas XI ( Sebelas ), yang terdiri dari 83 siswa, dan sampel yang digunakan sebagai subjek penelitian sebanyak 5 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Calassroom Action Research. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif, teknik pengambilan data berupa pengamatan (Observasi), pengumpulan dokumen dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan diterapkannnya model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) di mata pelajaran Fiqih, membuat siswa cenderung lebih aktif dalam proses pembelajaran. Lebih mandiri dalam mencari sumber informasi pembelajaran. Serta, lebih menambah wawasan keilmuan siswa. Adapun penerapan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) pada pembelajaran Fiqih pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Karangasem Paciran Lamongan adalah sudah Efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Islamic Education
Islamic Religion
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 23 Aug 2019 07:00
Last Modified: 23 Aug 2019 07:00
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2758

Actions (login required)

View Item View Item