PRESTASI MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN MENGHAFAL ALQUR’AN PADA SISWA SMP ISLAM TERPADU (SMPIT) AL IBRAH GRESIK

Santoso, Riris Hadi (2015) PRESTASI MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN MENGHAFAL ALQUR’AN PADA SISWA SMP ISLAM TERPADU (SMPIT) AL IBRAH GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
f. Abstraksi & abstract.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
g. BAB I.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
h. BAB II.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
i. BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
j. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
k. daftar pustaka.pdf

Download (298kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Al-Qur'an adalah kitab suci Agama Islam yang Allah jamin isi dan keasliannya. Dengan adanya jaminan ini bukan berarti ummat Islam bisa tinggal diam dan membiarkan sunnatullah tersebut tanpa berusaha untuk menjaga keasliannya dari orang-orang jahil yang berusaha mengotori. Menghafal merupakan salah satu cara untuk melindungi keaslian Al-Qur'an. Dan matematika merupakan salah satu pelajaran umum yang menjadi momok bagi siswa. Matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit dipelajari dan lebih sulit dari pelajaran Agama. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah prestasi pelajaran matematika siswa? bagaimanakah kemampuan hafalan Al-Qur'an siswa? Dan apakah ada hubungan antara keduanya? Penelitian ini dilaksanakan dalam rangka mencari hubungan antara prestasi pelajaran matematika dengan kemampuan Hafalan Al-Qur'an. Adapun manfaatnya dibagi menjadi dua, secara teoritis dan secara praktis. Secara teoritis penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan bagi para peneliti yang ingin meneliti lebih dalam tentang hubungan kemampuan hafalan Al-Qur'an dengan prestasi pelajaran matematika, dan secara praktis dapat menjadi bahan pemikiran dan bahan masukan bagi pendidik. Metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan angket. Sedangkan teknik analisis datanya adalah dengan menggunakan analisa korelasi product moment. Yang mana dalam penghitungannya menggunakan cara manual dan memperkuat hasil digunakan pula tabel prosedur penelitian. Penelitian korelasi prestasi matematika dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an berdasarkan taraf siknifikan 5% dan N 65, ternyata angka batas penolakan nilai r tabel adalah 0,244 sedangkan taraf sigknifikan 1% dan N 65 adalah 0,317 maka diketahui r hitung 0,19 lebih kecil dari r table, dan hal ini menunjukkan tidak adanya korelasi yang signifikan antara prestasi matematika dengan kemampuan menghafal Al -Qur’an pada siswa SMPIT Al Ibrah Gresk. Dari pembuktian nilai r diperoleh 0,19 yang apabila dikonsultasikan dengan data interval dikatakan pengaruh yang sangat rendah. Dengan demikian, tidak terdapat korelasi antara prestasi matematika dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada siswa. Hal ini berarti hipotesis alternative ditolak dan hipotesis nihil diterima. Jadi kesimpulannya adalah bahwa tidak ada korelasi prestasi matematika dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada siswa SMPIT Al Ibrah Gresik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Additional Information: Riris Hadi Santoso (11.512.002)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Matematika dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an
Subjects: Islamic Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 26 Aug 2019 08:04
Last Modified: 26 Aug 2019 08:04
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2801

Actions (login required)

View Item View Item