PENGARUH KESADARAN, PEMAHAMAN WAJIB PAJAK, SERTA KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN MEMBAYAR PAJAK

Asih, Ratna (2016) PENGARUH KESADARAN, PEMAHAMAN WAJIB PAJAK, SERTA KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN MEMBAYAR PAJAK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK1.pdf

Download (650kB)
[img] Text
2.BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text
3.BAB II.pdf

Download (473kB)
[img] Text
4.BAB III.pdf

Download (350kB)
[img] Text
5.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
6.BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pajak merupakan sumber pendapatan daerah yang terus meningkat, penerimaannya seiring dengan meningkatnya jumlah pelaku usaha akibat pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kesadaran, pemahaman wajib paja dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan membayar pajak. Penelitian ini dilaksanakan di luar dan diruang lingkup KPP Pratama Gresik Utara dengan jumlah responden 152 wajib pajak berdasarkan kriteria dan sampel. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode yang digunakan untuk uji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda dan uji t yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen serta diuji dengan tingkat kepercayaan 95% atau alpha 5%. Hasil analisis uji hipotesis penelitian ini dengan menggunakan uji t dua sisi dengan variabel kesadaran (X1) menunjukkan nilai thitung 6,939 > ttabel 1.654 sehingga H0 diterima, dan menunjukkan bahwa kesadaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan membayar pajak. Untuk uji hipotesis pada variabel pemahaman wajib pajak (X2) thitung > ttabel (3,478>1.654) sehingga H0 diterima, dan hasil menunjukkan bahwa variabel pemahaman berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan membayar pajak. Untuk hasil uji t pada variabel kualitas pelayanan (X3) nilai thitung > ttabel (7,057>1.654) dengan demikian H0 diterima dan kualitas pelayanan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan membayar pajak.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Additional Information: Ratna Asih (12.322.029)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan Wajib Pajak, Kesadaran, Pemahaman Wajib Pajak, dan Kualitas Pelayan
Subjects: Economic And Business > Accounting
Economic And Business
Divisions: Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program
Library of Congress Subject Areas > Accounting Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 30 Aug 2019 09:40
Last Modified: 30 Aug 2019 09:40
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2946

Actions (login required)

View Item View Item