PENGARUH KOMPETENSI GURU, MOTIVASI BELAJAR, METODE MENGAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (STUDI PADA MI BAITUSSALAM BETIRING KEC. CERME)

HARTANTO, DARMAWAN (2019) PENGARUH KOMPETENSI GURU, MOTIVASI BELAJAR, METODE MENGAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (STUDI PADA MI BAITUSSALAM BETIRING KEC. CERME). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Abstrak Darma.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Metode Mengajar, dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas VI (Studi Pada MI Baitussalam Betiring Kec Cerme). Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 33 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh sedangkan pengukuran data dengang menggunakan skala likert. Teknis analisis menggunakan uji instrument (uji validitas dan uji reliabelitas) untuk menguji kualitas dan konsistensi alat ukur, uji model / uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas). Hasil penelitian menyatakan bahwa Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Mi Baitussalam Betiring Kec Cerme. Sedangkan Kompetensi Guru dan Metode Mengajar Tidak Berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas VI Mi Baitussalam Betiring Kec Cerme. Berdasarkan hasil uji t variabel Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar secara parsial berpengaruh dengan taraf signifikansi < 0,05, sedangkan hasil uji t pada variabel Kompetensi Guru dan Metode Mengajar tidak berpengaruh dengan taraf signifikansi > 0,05dan besarnya pengaruh keempat variabel independen terhadap variabel dependen (koefisien determinasi R2) Adjusted R Square = 0,566 dapat dikatakan bahwa perubahan variabel dependen Prestasi Belajar (Y) sebesar 56,6% disebabkan oleh variabel Kompetensi Guru (X1), Motivasi Belajar (X2), Metode Mengajar (X3), serta Fasilitas Belajar (X4), sedangkan sisanya 43,4 % dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain diluar variabel tersebut.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Metode Mengajar, Fasilitas Belajar, Prestasi siswa
Subjects: Economic And Business
Economic And Business > Management
Divisions: Faculty of Economic and Business > Management Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 16 Sep 2019 06:22
Last Modified: 16 Sep 2019 06:22
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3011

Actions (login required)

View Item View Item