PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK TERHADAP MISKONSEPSI PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN KALIREJO

FITRIANI, FEBRI (2019) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK TERHADAP MISKONSEPSI PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN KALIREJO. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (413kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap miskonsepsi pada mata pelajaran IPA. IPA memiliki cakupan ilmu yang luas terbagi dalam beberapa bab, bab gaya dipilih sebagai materi yang diteliti disebabkan seringnya penggunaan gaya dalam aktivitas sehari – hari dimana kemungkinan terjadinya miskonsepsi bisa terjadi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 4 SDN Kalirejo yang berjumlah 10 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah kuisioner kemampuan berpikir kritis dan tes miskonsepsi. Hasil analisis data uji hipotesis dengan menggunakan bantuan program SPSS 15,0 menunjukkan nilai sig = 0,047 < α = 0,05 maka Ho ditolak yang artinya tidak ada hubungan secara signifikan antara kemampuan berpikir kritis dengan miskonsepsi pada mata pelajaran IPA kelas IV di SDN Kalirejo ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik berpengaruh terhadap miskonsepsi pada mata pelajaran IPA kelas IV di SDN Kalirejo. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan analisis data hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan secara umum bahwa ada hubungan antara kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap miskonsepsi dengan menyelesaikan tes. Adapun tingkat hubungan antara kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap miskonsepsi sangatlah kuat berdasarkan hasil uji korelasi yang dilakukan dengan bantuan program SPSS 15,0. Sedangkan saran yang dapat dberikan oleh peneliti adalah kemampuan berpikir kritis yang dimiliki peserta didik harus diasah mulai dini agar sejak dini terminimalisir terbentuknya miskonsepsi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Miskonsepsi, IPA, Bab Gaya
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 22 Oct 2019 01:39
Last Modified: 22 Oct 2019 01:39
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3240

Actions (login required)

View Item View Item