PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS III SDN SEGOROMADU

Putri, Eka Novita Prastika (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS III SDN SEGOROMADU. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
9. abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran yang dipergunakan guru untuk mempermudah dalam proses kegiatan mengajar di sekolah sangatlah beragam. Salah satunya yaitu dengan model talking stick. Model talking stick merupakan Model pembelajaran yang dibantu dengan tongkat, berfungsi sebagai alat untuk peserta didik pada saat memegang tongkat maka harus menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru setelah peserta didik mempelajari materi pokok yang telah dijelaskan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada peserta didik kelas III SDN 4 Segoromadu. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Terdiri dari dua siklus yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek yang dipilih oleh peneliti peserta didik kelas III SDN Segoromadu, tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan, Pada siklus I observasi aktivitas peserta didik rata-rata 74,93%, dan pada siklus II menjadi 83,3%. Sedangkan tes hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata 36,6% dan pada siklus II nilai rata-rata 83,3%. Peningkatan terjadi karena adanya perbaikan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Peserta Didik Kelas III SDN Segoromadu materi jenis-jenis pekerjaan..

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Talking Stick, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: Early Childhood Education
Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 23 Oct 2019 09:02
Last Modified: 23 Oct 2019 09:02
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3266

Actions (login required)

View Item View Item