PROFIL PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL PESERTA DIDIK MENURUT KILPATRICK BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA

FAIDA, NUR (2018) PROFIL PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL PESERTA DIDIK MENURUT KILPATRICK BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN JUDUL DLL.pdf

Download (610kB)
[img] Text
1-7.pdf

Download (186kB)
[img] Text
8-27 .pdf

Download (487kB)
[img] Text
28-36.pdf

Download (359kB)
[img] Text
37-65.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
66-67.pdf

Download (88kB)

Abstract

Pada penelitian yang berjudul Profil Pemahaman Konseptual dan Prosedural Peserta didik Menurut Killpatrick Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika, bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemahaman konseptual dan prosedural peserta didik menurut Killpatrick berdasarkan tingkat kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Pemahaman konseptual dan prosedural merupakan satu diantara beberapa faktor kesuksesan dalam belajar matematika dan menjadi tujuan pertama dalam pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama. Karena itu, pemahaman konseptual dan prosedural merupakan aspek penting yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam belajar matematika Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Dalam hal ini peneliti akan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konseptual dan prosedural peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan matematika. Pemahaman konseptual adalah kemampuan peserta didik dalam memahami konsep-konsep matematika, operasi dan hubungan. Sedangkan pemahaman prosedural adalah kemampuan peserta didik dalam menerapkan prosedur secara fleksibel, akurat dan efisien. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Cerme tahun pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-B yang terdiri dari 32 peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode tes. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisis data dari hasil tes pemahaman konseptual dan prosedural antara lain: Memberikan skor hasil tes pemahaman konseptual dan procedural, Menghitung persentase pemahaman konseptual dan prosedural masing-masing peserta didik, menghitung persentase masing-masing indikator pemahaman konseptual dan prosedural peserta didik, menghitung rata-rata persentase pemahaman konseptual dan prosedural matematika dalam satu kelas, mengkriteriakan bagaimana pemahaman konseptual dan prosedural peserta didik dengan melihat kriteria penilaian Berdasarkan analisis data yang dilakukan oleh peneliti yaitu ada 10 indikator pemahaman konseptual dan prosedural menurut Killpatrick,dkk. Peserta didik berkemampuan matematika tinggi pemahaman konseptual dan proseduralnya sudah bagus. Peserta didik yang berkemampuan matematika sedang pemahaman konseptualnya sudah bagus namun pemahaman proseduralnya masih kurang pada tahap perhitunganya. Sedangkan peserta didik yang berkemampuan matematika rendah pemahaman konseptual dan proseduralnya masih kurang, karena mereka masih pada tahap menulis apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal, belum sampai pada tahap peyelesaian.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 18 Oct 2018 00:37
Last Modified: 08 Mar 2019 01:36
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/328

Actions (login required)

View Item View Item