PENGARUH PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

RAFITA, ANI ADELLA (2019) PENGARUH PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (457kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

Pendidikan di Indonesia, terutama mata pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang selalu ada dalam setiap jenjang pendidikan. Matematika hendaknya dipelajari secara sistematis dan teratur serta harus disajikan dengan struktur yang jelas, maka dari itu dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang tepat. Salah satu pendekatan pembelajaran dalam matematika yaitu metaphorical thinking. Pendekatan terdebut dapat mengajak peserta didik untuk berfikir metafora untuk memahamkan suatu konsep matematika. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan metaphorical thinking terhadap pemahaman konsep matematika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Subjek penelitian kelas VIII-E dan VIII-F di MTs Negeri 2 Lamongan. Kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen menggunakan pendekatan metaphorical thinking dengan 28 peserta didik dan kelas VIII-F sebagai kelas kontrol menggunakan pendekatan deduktif dengan 27 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur pemahaman konsep matematika pada materi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar adalah berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik yang menggunakan pendekatan metaphorical thinking (kelas eksperimen) lebih baik dari pada peserta didik yang menggunkan pendekatan pembelajaran deduktif (kelas kontrol). Analisis data menggunakan uji-t dua sampel independen yang menunjukkan nilai sig yaitu 0,011 maka tolak H0. Dengan demikian pembelajaran matematika pada materi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar dengan menggunakan pendekatan metaphorical thinking berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Adhi Kurniawan
Date Deposited: 29 Oct 2019 02:03
Last Modified: 29 Oct 2019 02:03
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3300

Actions (login required)

View Item View Item