PENGARUH PENERAPAN BRAIN GYM TERHADAP MOTIVASI, KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII DI MTs. NURUL ISLAM

SARI, IKA NOVITA (2019) PENGARUH PENERAPAN BRAIN GYM TERHADAP MOTIVASI, KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII DI MTs. NURUL ISLAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (55kB) | Preview

Abstract

Brain Gym merupakan program komersial yang populer yang dipasarkan di lebih 80 negara karena diyakini dapat membuka bagian-bagian otak yang sebelumnya tertutup atau terhambat sehingga kegiatan belajar atau bekerja berlangsung menggunakan seluruh otak atau whole brain (Ayinosa dalam Nuryana (2010). Brain Gym adalah gerakan-gerakan sederhana pada tubuh yang membuat tubuh menjadi rileks dan memberikan efek positif pada otak sehingga memudahkan untuk melakukan aktifitas, baik aktifitas belajar maupun bekerja. Motivasi adalah sebuah dorongan dari dalam diri seseorang yang mendorong orang tersebut untuk melakukan sesuatu untuk mencapai sebuah tujuan. Konsentrasi belajar adalah kemampuan untuk memusatkan perhatian pada materi pelajaran yang sedang dipelajari dan mengesampingkan hal-hal yang tidak berkaitan dengan materi tersebut. Sedangkan hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh peserta didik setelah melalui kegiatan belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis jalur (path analysis) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh brain gym terhadap motivasi, konsentrasi dan hasil belajar kelas VII MTs. Nurul Islam. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs. Nurul Islam tahun pelajaran 2018-2019, sedangkan sampel penelitian yang digunakan adalah 57 peserta didik yang dipilih secara acak melalui undian. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi brain gym, angket motivasi, angket konsentrasi dan tes hasil belajar yang terdiri dari 4 butir soal uraian. Sebelum digunakan, kedua angket di uji validitas konstrak dan reliabilitas menggunakan program SPSS 16.0. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Brain Gym berpengaruh terhadap motivasi peserta didik kelas VII MTs. Nurul Islam. (2) Brain Gym berpengaruh terhadap konsentrasi peserta didik kelas VII MTs. Nurul Islam. (3) Motivasi berpengaruh terhadap konsentrasi peserta didik kelas VII MTs. Nurul Islam. (4) Brain Gym berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTs. Nurul Islam. (5) Motivasi berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTs. Nurul Islam. (6) Konsentrasi berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTs. Nurul Islam.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: brain gym, motivasi, konsentrasi, hasil belajar
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 29 Oct 2019 03:53
Last Modified: 29 Oct 2019 03:53
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3317

Actions (login required)

View Item View Item