PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI SARAUKE SUB TEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU PESERTA DIDIK KELAS 4 SEKOLAH DASAR

WANDANI, WINDI RETNO (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI SARAUKE SUB TEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU PESERTA DIDIK KELAS 4 SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (92kB)
[img] Text
4. SKRIPSI BAB I.pdf

Download (100kB)
[img] Text
5. SKRIPSI BAB II.pdf

Download (191kB)
[img] Text
6. SKRIPSI BAB III.pdf

Download (338kB)
[img] Text
7. SKRIPSI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
8. SKRIPSI BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)

Abstract

Penelitian Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran Monopoli Sarauke sub tema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku peserta didik kelas 4 sekolah dasar. Proses pengembangan media pembelajaran menggunakan model 4-D yang dimodifikasi dan disederhanakan yaitu, pendefinisian (define), peranangan (design), pengembangan (develop) dan tanpa melakukan penyebaran (disseminate). Hasil pengembangan media pembelajaran berupa Monopoli Sarauke. Sumber data dalam penelitian pengembangan ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Gulomantung yang berjumlah 34 peserta didik. Pengumpulan data yang digunakan adalah validasi media pembelajaran, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Dengan analisis data yaitu, analisis kevalidan media pembelajaran, analisis kepraktisan media pembelajaran, dan efektifitas media pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data hasil validasi dan data uji coba diperoleh bahwa pegembangan media pembelajaran Monopoli Sarauke untuk materi pada tema 7 sub tema 1 pembelajaran 3 kelas IV SD Negeri Gulomantung memenuhi kriteria baik, yang sebagai berikut: a) Hasil validasi media pembelajaran yang dilakukan oleh validator memperoleh presentase 78,88% yang dikategorikan dalam valid dan dapat digunakan saat proses pembelajaran, b) Dikaegorikan praktis dari hasil analisis dalam kepraktisan media pembelajaran oleh para validator menunjukkan bahwa media dapat digunakan dengan sedikit revisi atau tanpa revisi, c) Dikategorikan efektif dari hasil analisis ketuntasan belajar, hasil presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 90,625%, maka dapat dikatakan ketuntasan belajar peserta didik tercapai, dan presentase hasil respon peserta didik terhadap media pembelajaran Monopoli Sarauke sebesar 97,26% dapat dikatakan positif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model 4-D, Monopoli, Tema 7 Sub tema 1 pembelajaran 3
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 04 Nov 2019 12:58
Last Modified: 04 Nov 2019 12:58
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3329

Actions (login required)

View Item View Item