PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA RODA PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD MUHAMMADIYAH 3 GRESIK

SARI, NITA FITRIA (2019) PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA RODA PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD MUHAMMADIYAH 3 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab II.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Roda Pintar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pada Peserta Didik Kelas II SD Muhammadiyah 3 Gresik. Dibimbing oleh Ibu Nur Fauziyah, M.Pd dan Bapak Afakhrul Masub Bakhtiar, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita melalui pembelajaran pendekatan saintifik berbantuan media roda pintar pada peserta didik kelas II SD Muhammadiyah 3 Gresik tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Arikunto yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdapat sebanyak 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dalam bentuk tes, sedangkan instrumen penelitian menggunakan lembar tes untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis cerita Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan oleh peneliti, didapatkan peningkatan keterampilan menulis cerita pada siklus 1 mencapai ketuntasan klasikal sebesar 84% atau 21 peserta didik yang tuntas. Sehingga pada siklus 1 telah mencapai ketuntasan secara klasikal yaitu 75%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Cerita, Media Roda Pintar, dan Pembelajaran Pendekatan Saintifik
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 08 Nov 2019 11:48
Last Modified: 08 Nov 2019 11:48
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3346

Actions (login required)

View Item View Item