PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP KETERAMPILAN MENYELESAIKAN MASALAH MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGI SERTA PERSEGI PANJANG PADA PESERTA DIDIK KELAS III SDN PONGANGAN

Perdana, Mochammad Yogi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP KETERAMPILAN MENYELESAIKAN MASALAH MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGI SERTA PERSEGI PANJANG PADA PESERTA DIDIK KELAS III SDN PONGANGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB 4 REVISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (131kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena belum pernah ada penelitian yang menggunakan model PBL terhadap keterampilan menyelesaikan masalah pada peserta didik kelas III. Peneliti menguji coba dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan menyelesaikan masalah pada peserta didik kelas III di SDN Pongangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap keterampilan menyelesaikan masalah pada peserta didik kelas IIIA di SDN Pongangan materi keliling dan luas persegi serta persegi panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment (kuasi eksperimen). Data penelitian dikumpulkan melalui observasi di SDN Pongangan. Jenis penelitian ini menggunakan desain posttest-only control design yang menggambarkan pengaruh model pembelajaran PBL terhadap keterampilan menyelesaikan masalah pada peserta didik. Desain ini terdapat dua kelas yang masing-masing dipilih secara random. Kelas pertama disebut kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model PBL dan kelas kedua disebut kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Pada penelitian ini tidak dilakukan pre-test, baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol, hanya dilakukan post-test setelah menggunakan PBL pada kelas eksperimen dan setelah menggunakan model konvensional pada kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 15 Mei 2019 dengan melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIC sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian dengan judul pengaruh model pembelajaran PBL terhadap keterampilan menyelesaikan masalah materi keliling dan luas persegi serta persegi panjang pada peserta didik kelas III SDN Pongangan mendapatkan hasil yaitu memiliki perbedaan rata-rata nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan rata-rata kelas eksperimen 76,2 dan kelas kontrol 71,8 terhadap keterampilan menyelesaikan masalah dengan menggunakan model PBL. Hal ini juga ditunjukkan pada hasil uji independent sample test yang mendapatkan signifikan 0,017 dan 0,016 yang dapat diartikan bahwa adanya pengaruh terhadap keterampilan menyelesaikan masalah pada peserta didik kelas IIIA di SDN Pongangan dengan menggunakan model PBL pada materi keliling dan luas persegi serta persegi panjang.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengaruh PBL dan menyelesaikan masalah.
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 13 Nov 2019 12:53
Last Modified: 13 Nov 2019 12:53
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3359

Actions (login required)

View Item View Item