PENERAPAN MODEL CTL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH 2 BALONGPANGGANG

UMMI, SYAFA’IYAHUL (2019) PENERAPAN MODEL CTL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH 2 BALONGPANGGANG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)

Abstract

Syafa’iyahul Ummi (NIM 14441051). Penerapan Model CTL untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas II sd muhammadiyah 2 Balongpanggang. Di bimbing oleh Bapak Dr. Irwani Zawawi dan Bapak Nanang Khoirul Umam, M.Pd. Hasil pembelajaran menulis puisi bebas pada kelas II tergolong masih rendah dikarenakan nilai yang didapat oleh peserta didik belum mencapai KKM, dikarenakan pada proses pembelajaran guru hanya berpusat pada buku. Melihat hal tersebut, peneliti mencoba untuk menerapkan model CTL dalam proses pembelajaran sebagai alat untuk memecahkan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas peserta didik dengan menerapkan model CTL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan satu kali dalam siklus I. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: 1) tahap Perencanaan 2) tahap Pelaksanaan, 3) Tahap Observasi, 4) Tahap Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 2 Balongpanggang dengan subjek penelitian pada kelas II dengan jumlah peserta didik 25 terdiri dari 11 laki-laki dan 14 perempuan. Tahap pengumpulan data yang digunakan adalah tes evaluasi keterampilan menulis puisi bebas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah meningkatnya keterampilan menulis puisi bebas yang mencapai KKM 70%. Hal ini ditunjukkan dengan hasil tes keterampilan menulis puisi bebas dengan melihat skor disetiap kriteria yang dinilai seperti: kebaruan tema dan makna, citraan atau pengimajinasian, kata konkret, diksi atau pemilihan kata, majas atau gaya bahasa. Dalam data awal skor yang diperoleh peserta didik masih rendah, sehingga nilai tuntas yang didapatkan adalah 68% sedangkan belum tuntas 32%. Setelah melakukan tindakan siklus I, perolehan skor yang didapat peserta didik banyak mengalami peningkatan, sehingga ketuntas yang diperoleh menjadi 92% sebanyak 23 peserta didik sedangkan yang belum tuntas sebanyak 8% sebanyak 2 peserta didik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model CTL, Keterampilan Menulis Puisi Bebas
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 14 Nov 2019 13:08
Last Modified: 14 Nov 2019 13:08
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3363

Actions (login required)

View Item View Item