PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII MTS WALI SONGO BENJENG GRESIKTAHUN 2019/2020

FAQIH, ACHMAD ZAMRONI (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII MTS WALI SONGO BENJENG GRESIKTAHUN 2019/2020. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar matematika di kelas VII MTS Wali Songo Benjeng Gresik. Untuk melihat pengaruh tersebut dilakukan penelitian dengan pendekatan Quasi Experiment membandingkan model pembelajaran TAI dengan konvensional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTS Wali Songo Benjeng Gresik, dari 3 kelas yang ada diambil 2 kelas sampel yaitu kelas VII A dan VII B. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan instrument lembar soal. Kesahihan instrumen penelitian ini diperoleh melalui uji validitas, reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji statistika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Indvidualization (TAI) berpengaruh terhadap pembelajaran matematika kelas VII jika dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini sesuai dengan hasil nilai rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 71.36 dan kelas kontrol 70.90. Hasil analisis dengan SPSS 17 juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dijelaskan bahwa t hitung pre-test dan posttest menghasilkan signifikansi < α= 0,05.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Model Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 20 Nov 2019 01:24
Last Modified: 20 Nov 2019 01:24
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3374

Actions (login required)

View Item View Item